Gas Tlethong Sapi(1)

Beberapa waktu lalu, Saya mencoba untuk mempraktekkan pengetahuan yang lama sudah saya ketahui tetapi belum sempat saya ujudkan. Dengan bahan/alat yang ada dan semangat untuk berhasil mulailah saya praktekkan pengetahuan itu. Dengan cangkul saya masukkan kotoran sapi kedalam galon bekas cat tembok kira-kira separuh penuh kemudian isikan air hingga agak penuh dan aduk hingga tercampur benar. Masukkan adonan ini ke galon bekas air mineral. Ulangi kegiatan ini hingga permukaan adonan dalam galon sepuluh hingga lima belas senti di bawah mulut galon. Tutup mulut galon dengan kantong plastik PE, eratkan dengan karet bekas ban dalam mobil/motor. Lubangi ujung plastik yang lain dan ikat dengan karet gelang dan pastikan tidak ada udara yang terjebak di dalam plastik. Menurut teori, setelah kurang lebih 2 minggu, plastik PE akan menggembung karena terisi gas yang keluar dari adonan. Tadi pagi saya tengok simpanan ini dan terlihat plastik sedikit menggembung, pelan-pelan saya buka ikatan karet gelang dan tercium bau “sesuatu” saya pikir itulah bau gasnya. Saya eratkan lagi ikatan karet sehingga gas tidak keluar.

Tinggalkan komentar